$type=slider$snippet=hide$cate=0$show=home

12 Destinasi Wisata Wajib di Kepulauan Derawan Berau

Berlibur ke kepulauan Derawan, anda perlu menyimak informasi ini untuk tambahan wawasan sebelum akhirnya gabung dengan paket open trip atau private

Berlibur ke Pulau Derawan yang merupakan wisata bahari andalan Kabupaten Berau Kalimantan Timur ini adalah salah satu destinasi yang banyak diminati oleh wisatawan lokal dan asing. Pulau Derawan sendiri adalah salah satu diantara gugusan Kepulauan Derawan yang terdiri dari 31 pulau yang terkenal akan keindahan pantai dan eksotisme bawah lautnya yang unik disetiap pulaunya. Terdapat 4 Pulau besar yang terkenal dan wajb kamu kunjungi saat berwisata ke Kepulauan Derawan, diantaranya : Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban dan Pulau Maratua.

Pesona keindahan alam dan sensasi liburan yang ditawarkan setiap pulau di Kepulauan Derawan memiliki keunikan masing-masing dan mampu menghipnotis para pelancong, karena sungguh sangat berbeda dengan destinasi-destinasi digital lainnya di Indonesia. Lalu, apa saja yang bisa kamu temukan saat menjelajahi destinasi wisata di kepulauan Derawan?

Berikut 12 rekomendasi destinasi wisata pulau Derawan yang bisa kamu eksplore saat berkunjung ke Kepulauan Derawan yang berada di Kalimantan Timur ini.

  • [message]
    • ##check## 12 Destinasi Wisata Kepulauan Derawan
      • 1. Pulau Derawan
        2. Gusung Pasir Sanggalau
        3. Maratua Paradise Resort
        4. Goa Halo Tabung / Goa Haji Mangku
        5. Danau Ubur-Ubur Kakaban
        6. Laguna Kehe Daing / Goa Ikan
        7. Penangkaran Penyu Pulau Sangalaki
        8. Manta Point Sangalaki
        9. Pulau Manimbora / Sponge Bob
        10. Whaleshark Point Talisayan
        11. Danau Labuan Cermin
        12. Spot Lumba-lumba Maratua

1. Pulau Derawan

Pulau Derawan awalnya merupakan desa administratif biasa, namun seiring waktu dan semakin terkenalnya maka konsepnya pun mengalami perubahan menjadi Desa Wisata. Desa Wisata Pulau Derawan yang bersih dan kecil ini memiliki luas sekitar 44,6 hektar sehingga hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit wisatawan untuk mengelilingi setip sudut pulau dengan menggunakan sepeda.

Pulau Derawan terkenal dengan water cottage nya atau penginapan yang terapung di atas air laut. Upwater Cottage tersebut tersebut dibanderol dengan tarif menengah ke bawah sehingga banyak wisatawan tertarik untuk menginap dan menjadikan Pulau Derawan sebagai pulau utama, pusat aktivitas kegiatan bagi para wisatawan yang hendak menjelajahi destinasi wisata di Kepulauan Derawan.

2. Gusung Pasir Sanggalau

Indahnya Gusung Sanggalau Derawan berhasil memukau wisatawan sebelum bersandar di Pulau Derawan yang hanya berjarak sekitar 15-20 menit, serta menjadi destinasi wajib untuk mengabadikan foto instagramable di padang pasir tengah laut. Yang menjadikan Pasir Timbul Gusung Sanggalau ini unik adalah gundukan pasir di sini akan muncul jika air laut sedang surut tetapi akan hilang tertutup air laut saat sedang pasang.

3. Maratua Paradise Resort

Maratua paradise resort menjadi destinasi wajib saat anda mengunjungi Kepulauan Derawan, belum lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Maratua Paradise. Pemandangan laut bak kristal dengan air berwarna biru toska yang jernih bagai kolam raksasa yang tersaji indah sejauh mata memandang, menjadi salah satu alasan.

Maratua Paradise Resort sendiri merupakan resort milik warga negara Malaysia. Bangunan Resort ini berbentuk menyerupai Betang, yaitu rumah adat khas Kalimantan Timur yang hampir seluruh materialnya dibangun dengan Kayu.

4. Goa Halo Tabung / Goa Aji Mangku

Goa Halo Tabung dulunya dikenal dengan nama Goa Aji Mangku terletak di Kampung Payung-payung, Kecamatan Pulau Maratua, Kalimantan Timur. Gua Aji Mangku yang bertipe vertical ini terbentuk dari bebatuan karst, susunan stalaktit dan stalakmit terlihat di dinding gua yang kedalamannya bisa mencapai 25 meter. Dengan suguhan air dingin yang jernih berwarna kebiru-biruan dan rasa payau, semakin menggoda wisatawan untuk segera menyelami.

Waktu yang disarankan untuk mengunjungi Gua Halo Tabung adalah siang hari, dimana sinar matahari mampu menembus air hingga kedalaman 3 meter dan membuat ray of light yang sangat indah bagi para pecinta fotografi dan freediver untuk mengabadikan moment terbaiknya.

5. Danau Ubur-Ubur Kakaban

Danau Kakaban berada di tengah Pulau Kakaban, Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Nama Danau Ubur-ubur di Pulau Kakaban sudah sangat tersohor ke mancanegara karena keunikanya, yakni menjadi habitat ubur-ubur langka tak bersengat dan termasuk dalam kategori danau purba yang memiliki air payau.

Dikarenakan ubur-ubur di Danau Kakaban ini tidak memiliki sengat, maka wisatawan bisa merasakan sensasi berenang bersama ubur-ubur di Danau Kakaban. Sebelum berenang di danau Kakaban alangkah baiknya anda membaca aturan yang harus dipatuhi disini!

6. Laguna Kehe Daing / Goa Ikan

Laguna Kehe Daing berada di Pulau Kakaban, tepatnya di belakang Danau Ubur-ubur Kakaban yang juga menjadi destinasi wajib saat anda berwisata ke Pulau Derawan. Laguna sendiri memiliki arti “perairan yang tenang” yang merupakan sekumpulan air asin yang dangkal dan terhalang oleh pasir, terumbu karang, tebing atu pulau. Bisa juga kita sebut dengan danau air asin di tepi laut.

Sedangkan Kehe Daing, merupakan Bahasa Bajau yang memiliki arti Kehe adalah Lubang dan Daing artinya Ikan, jadi Kehe Daing adalah Lubang Ikan. Laguna Kehe Daing memiliki air yang sangat tenang dengan rasa asin dan berwarna hijau tosca yang jernih menyejukkan mata. Sehingga membuat wisatawan bisa melihat berbagai jenis ikan dan terumbu karang yang terjebak di Laguna Kehe Daing tersebut.

7. Penangkaran Penyu TWA Pulau Sangalaki

Meski sama-sama menjadi habitat penyu, Taman Wisata Alam Pulau Sangalaki yang memiliki luas 264 hektar ini tidak sama seperti Desa Wisata Pulau Derawan, Di Pulau sangalaki ini tidak terdapat perkampungan penduduk, hanya ada resort ekslusif dan para petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) yang bertugas untuk melestarikan dan membiakkan penyu.

Selain tak berpenghuni dan minimnya gangguan dari predator, alasan utama Pulau Sangalaki menjadi habitat penyu adalah tekstur pasir yang mudah digali untuk lubang bertelur yang disukai penyu, baik penyu hijau atau Green Sea Turtle (Chelonia mydas) dan penyu sisik (Hawksbill Sea Turtle). Kedua penyu tersebut termasuk satwa dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Sebanyak enam dari tujuh jenis penyu di Dunia, ada disini!

8. Spot Ikan Pari Manta Ray Sangalaki

Perairan Sangalaki adalah spot terbaik di kepulauan Derawan untuk menikmati keindahan ikan pari manta yang seolah terbang menyusuri lautan berburu makan plankton di pagi dan sore hari. Perairan Pulau Sangalaki merupakan jalur lintasan ikan pari manta terutama di sisi utara dan timur Pulau Sangalaki, yakni di Manta Avenue, Manta Parade, dan Manta Run.

Karena ikan manta ini senang berenang dekat permukaan air laut, maka cukup dengan snorkeling atau free diving wisatawan bisa berenang ‘menari’ bersama di spot manta point Pulau Sangalaki ini. Bahkan bagi kamu yang tidak bisa berenang juga bisa menyaksikan Manta Ray ini dari atas speedboat. Seperti yang telah kita ulas disini!

9. Pulau Manimbora / Spongebob Island

Pulau Manimbora atau dikenal juga dengan sebutan Spongebob Island terletak di Ampen Medang, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Julukan Spongebob Island tercetus dari Wisatawan asal Jerman, dengan alasan Pulau Manimbora menyajikan pemandangan yang hampir sama dengan pulau pada saat pembukaan serial film kartun Spongebob.

Dengan ukuran yang tidak terlalu luas dan hanya memanjang, wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk berkeliling menikmati Pulau Manimbora dengan pasir putihnya yang bersih serta beberapa pohon kelapa yang menjulang tinggi di tengah pulau. Bahkan secara keseluruan Pulau Spongebob ini bisa kita lihat dari atas speedboat yang disewa dari Pulau Derawan.

10. Spot Hiu Paus / Whale Shark Point Talisayan

Hiu Paus, dikenal juga dengan Hiu Tutul atau Whale Shark adalah fauna dengan nama latin Rhincodon Typus ini merupakan spesies hiu pemakan makanan yang berukuran kecil, seperti plankton, alga, udang, dan ikan-ikan kecil lainnya, bukanlah merupakan Hiu pemangsa atau predator dan cendereung berenang dengan lambat. Kehadiran hiu paus di perairan Talisayan yang merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Berau Kalimantan Timur ini akibat ketersediaan makanannya yang terpenuhi.

Di spot hiu paus Talisayan yang berjarak sekitar 2 jam dari Danau 2 Rasa Labuan Cermin ini, wisatawan dapat merasakan sensasi berenang bersama whale shark yang memacu adrenalin sambil tetap menjaga keamanan diri dan hewan ini. Waktu terbaik untuk bercengkrama dengan ikan hiu paus adalah saat mereka sarapan, yakni berkisar antara jam 05.00 – 08.00 WITA akan mudah ditemukan Hiu Paus ini di bagan-bagan Nelayan. Namun, perlu diingat untuk tidak datang saat bulan purnama, sebab saat bulan terang tersebut akan susah ditemukan aktivitas nelayan atau bagan yang melaut dimana Hiu Paus Talisayan mencari makan.

11. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin atau dikenal juga dengan sebutan Danau 2 Rasa ini terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk Kabupaten Berau Kalimantan Timur yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari ibu kota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb dan perjalanan laut 3-4 jam dari Pulau Derawan.

Disebut Labuan Cermin karena terletak di Desa Labuan, sedangkan nama Cermin sendiri karena kejernihan air danau ini bisa memantulkan bayangan yang sangat jelas bak sebuah cermin. Danau Labuan Cermin juga disebut dengan Danau Dua Rasa, karena memang air di Labuan Cermin memiliki 2 rasa; rasa asin dan berwarna ke biruan dengan suhu dingin dibagian atas, sedangkan rasa tawar dengan suhu hangat dan warna kehijauan di bagian bawah.

12. Spot Lumba-lumba Maratua

Untuk berjumpa dengan lumba-lumba secara langsung di laut lepas tidak hanya di Pantai Lovina Bali atau di Teluk Kiluan Lampung, tetapi juga di perairan Maratua. Di perairan antara Pulau Derawan dan Pulau Maratua ini juga sering kita jumpai lumba-lumba yang meloncat loncat indah di depan speedboat seakan mengajak berlomba menuju Pulau Maratua. Biasanya lumba-lumba ini bermunculan di pagi atau sore hari. Lumba-lumba di Derawan merupakan salah satu atraksi alam yang ditawarkan diantara destinasi kepulauan Derawan.

COMMENTS

explore pulau derawan
Name

danau kakaban,1,derawan,2,destinasi,5,info,1,Kakaban,1,maratua,2,
ltr
item
Explore Derawan: 12 Destinasi Wisata Wajib di Kepulauan Derawan Berau
12 Destinasi Wisata Wajib di Kepulauan Derawan Berau
Berlibur ke kepulauan Derawan, anda perlu menyimak informasi ini untuk tambahan wawasan sebelum akhirnya gabung dengan paket open trip atau private
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfSujO5BE1jqNaTrAcinRhHrjNSfLFsuZqzmo2_Fo74kyEgWvR0opo6xxDMJEvXV1OFK0pbUyB6PUmjHCsWJ-ZchdvgZ2IX9AGZTAFUivpTLoLYSUn_bd2nWEWQ9L_ITGjeQUWauzf-iIEvsr0SSvpj5e13LGNFnCa30MoPyZj1ZkjiGwwVAbmbRyAhtJc/s1600/rate-harga-penginapan-up-water-cottage-villa-derawan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfSujO5BE1jqNaTrAcinRhHrjNSfLFsuZqzmo2_Fo74kyEgWvR0opo6xxDMJEvXV1OFK0pbUyB6PUmjHCsWJ-ZchdvgZ2IX9AGZTAFUivpTLoLYSUn_bd2nWEWQ9L_ITGjeQUWauzf-iIEvsr0SSvpj5e13LGNFnCa30MoPyZj1ZkjiGwwVAbmbRyAhtJc/s72-c/rate-harga-penginapan-up-water-cottage-villa-derawan.jpg
Explore Derawan
https://www.explorederawan.com/2024/03/destinasi-wisata-kepulauan-derawan.html
https://www.explorederawan.com/
https://www.explorederawan.com/
https://www.explorederawan.com/2024/03/destinasi-wisata-kepulauan-derawan.html
true
8394810928495529881
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy