$type=slider$snippet=hide$cate=0$show=home

7 Titik Selam Spot Diving Pulau Maratua

Spot Diving Pulau Maratua, informasi dan panduan bagi para pencinta kegiatam bawah air. Ada setidaknya 7 spot diving populer dan favorit para diver

KKeindahan biota bawah laut Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur yang memukau menjadi daya tarik utama dan kegiatan favorit bagi para penyelam, baik domestik maupun mancanegara saat berkunjung ke Pulau Maratua.

Terumbu karang yang indah bertipe fringing Reef, didominasi padang lamun dengan jenis Halodule Uninervis, beraneka ragam jenis hewan, ikan, hiu dan penyu juga turut menemani wisatawan yang menyelami keindahan bawah laut Pulau Maratua. Tak heran jika banyak penyelam mengatakannya Pulau Maratua sebagai surganya para penyelam.

Pulau Maratua tercatat memiliki ada lebih dari 30 titik selam / diving spot dengan berbagai keunikan dan keindahan pemandangan bawah laut masing-masing. Namun, dari jumlah sebanyak itu, tercatat ada 7 titik selam yang terkenal dan menjadi favorit bagi para penyelam domestik dan mancanegara, diantaranya :

Jetty Dive Spot

Memasuki perairan Maratua di area Jetty Dive spot, para penyelam akan disuguhi pemandangan beragam jenis ikan seperti ikan buaya, kawanan ikan mandarin, harlequin shrimp, gurita biru, terumbu karang raksasa dan banyak lagi lainnya. Keanekaragaman hewan laut yang bisa ditemui di Jetty Dive Spot membuat banyak penyelam yang datang kembali untuk kesekian kali.

Turtle Traffic Spot

Seperti namanya spot diving Turtle Traffic lebih didominasi dengan pemandangan penyu-penyu hijau yang biasanya berenang bebas melewati terumbu karang warna-warni. Bukan hanya penyu hijau, jika beruntung para diver juga akan menemukan Hawksbill Turtles. Selain penyu, hewan-hewan laut yang bisa dijumpai di area ini misalnya mantis shrimp, belut moray, lobster dan aneka warna-warni terumbu karang yang mempesona.

Mid Reef Spot

Merupakan titik penyelaman yang banyak dihuni beragam jenis hiu jinak dan langka, seperti hiu tikus (threser shark) dan hiu perawat (nurse shark). Kedua jenis hiu tersebut termasuk hewan yang dilindungi. Para diver juga bisa menjumpai pari manta, hawkfish, ikan kakaktua, sekawanan kuda laut dan banyak lagi lainnya.

Eel Garden

Seperti namanya, Eel Garden alias Taman Belut Laut merupakan habitat belut laut dan ikan tuna spanyol. Eel Garden membentang panjang pada dasar laut berpasir dan dikelilingi terumbu karang warna-warni. Di spot ini juga bisa ditemui sekawanan barakuda dan beragam jenis terumbu karang yang cantik juga menjadi daya tarik spot yang satu ini.

Hanging Garden

Merupakan rumah bagi beragam jenis terumbu karang dan ikan. Para penyelam akan banyak menjumpai terumbu karang jenis black coral trees yang tumbuh dengan subur membentuk dinding vertical terjal seperti namanya, Hanging Garden. Dan jika beruntung diver bisa menemukan hiu dan penyu berenang-renang pada bagian luar dinding vertikal tersebut.

Cabbage Garden Karakter

Bisa dibilang merupakan spot diving yang paling aman bagi para diver yang masih minim jam terbang. Disini, kamu bisa menyaksikan betapa menakjubkannya koleksi terumbu karang serta warna-warni ikan-ikan kecil yang berenang lincah di balik terumbu karang. Karakter spot diving yang satu ini mirip menyerupai Hanging Garden. Cabbagae Garden pun dikenal sebagai tempat berkumpulnya para penyu-penyu.

The Channel Spot

Spot diving yang satu ini jadi spot paling menarik dan menantang di perairan Maratua. Di titik penyelaman ini, para divers bisa menjumpai berbagai jenis hiu seperti hiu kepala martil, hiu abu-abu, dan hiu moncong putih. Yang perlu jadi perhatian, hanya divers dengan jam terbang tinggi yang bisa menyelami spot diving paling ekstrem di Maratua ini.

Ketujuh spot diving tersebut memiliki keunikan dan keindahan bawah laut yang berbeda, sehingga kamu akan merasakan pengalaman yang berbeda di masing-masing lokasi penyelaman di Pulau Maratua.

COMMENTS

explore pulau derawan
Name

danau kakaban,1,derawan,2,destinasi,5,info,1,Kakaban,1,maratua,2,
ltr
item
Explore Derawan: 7 Titik Selam Spot Diving Pulau Maratua
7 Titik Selam Spot Diving Pulau Maratua
Spot Diving Pulau Maratua, informasi dan panduan bagi para pencinta kegiatam bawah air. Ada setidaknya 7 spot diving populer dan favorit para diver
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjqtXh_ITDwFc9TghQHe_tqM1-HaXAbYN5M3JxEFUCNo-oUsC5CWAL543R5DgNJmrn3ambAQmCBi5gmmzCfb1e-uLvGGKNrqO7vhZ6LGcwgoGE6CRXb7lWZNOzVXo2c5zTNikjlM_8idx9L9n5G-PHmBMIHafervcWvGQEHMQZrJ9ikV26dGzstenmrwXHl/s1600/diving-di-pulau-maratua-sangalaki-derawan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjqtXh_ITDwFc9TghQHe_tqM1-HaXAbYN5M3JxEFUCNo-oUsC5CWAL543R5DgNJmrn3ambAQmCBi5gmmzCfb1e-uLvGGKNrqO7vhZ6LGcwgoGE6CRXb7lWZNOzVXo2c5zTNikjlM_8idx9L9n5G-PHmBMIHafervcWvGQEHMQZrJ9ikV26dGzstenmrwXHl/s72-c/diving-di-pulau-maratua-sangalaki-derawan.jpg
Explore Derawan
https://www.explorederawan.com/2024/03/7-titik-selam-spot-diving-pulau-maratua.html
https://www.explorederawan.com/
https://www.explorederawan.com/
https://www.explorederawan.com/2024/03/7-titik-selam-spot-diving-pulau-maratua.html
true
8394810928495529881
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy