$type=slider$snippet=hide$cate=0$show=home

Berlibur ke Derawan? Ini Dia 10 Aktivitas Wisata Di Pulau Derawan

Pulau Derawan, mungkin beberapa orang masih asing dengan pulau yang satu ini. inilah informasi dan aktivias yang bisa dilakukan di pulau Derawan

Pulau Derawan, mungkin beberapa orang masih asing dengan pulau yang satu ini. Berada di Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Berau, Pulau Derawan merupakan gugusan kepulauan yang terkenal akan keindahan pantai, panorama alam, serta eksotisme pemandangan bawah laut yang banyak diminati baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Lalu, kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Desa Wisata Pulau Derawan? Berikut berbagai rekomendasi aktivitas yang bisa kamu eksplorasi selama berwisata di Pulau Derawan!

  • [message]
    • ##check## 10 Kegiatan yang bisa kamu lakukan selama berwisata di Pulau Derawan
      • 1. Menginap di Water Cottage
        2. Berenang bersama penyu
        3. Berfoto di Landmark Derawan
        4. Bersepeda keliling Pulau
        5. Menyaksikan penyu bertelur di malam hari
        6. Berburu sunrise dan sunset
        7. Berburu milkyway bagi pecinta fotografi
        8. Singgah di Gusung Pasir Sanggalau Derawan
        9. Mencicipi kuliner khas Pulau Derawan
        10. Belanja Souvenir khas Pulau Derawan

1. Menginap di Water Cottage

Salah satu daya tarik Desa Wisata Derawan yang tak boleh dilewatkan adalah sensasi bermalam di penginapan yang terapung di atas air laut atau yang banyak dikenal dengan sebutan water cottage yang dibanderol dengan tarif menengah ke bawah. Tentunya banyak wisatawan tertarik untuk merasakan sensasi bermalam di water cottage. Menghabiskan malam beriring suara deburan ombak yang memecah kesunyian malam di Derawan akan memberikanmu pengalaman tersendiri saat berlibur ke Pulau Derawan.

2. Berenang Bersama Penyu

Penyu merupakan spesies yang banyak mendiami Pulau Derawan. Saking banyaknya populasi penyu di Pulau Derawan, kamu tak perlu repot menunggu saat yang pas agar dapat melihat kemunculan penyu. Dengan mudah kamu dapat menyaksikan penyu beralu lalang dari atas kamar penginapan water cottage, bahkan kamu juga bisa menceburkan diri ke beningnya laut Pulau Derawan dan berenang bersama penyu-penyu yang lucu dan menggemaskan tersebut.

3. Berfoto di Landmark Derawan, Icon Desa Wisata Pulau Derawan

Saat berkunjung ke Desa Wisata Derawan, pastikan kamu sudah berswafoto di icon wajib Pulau Derawan, Landmark Derawan. Landmark Pulau Derawan ini dibangun oleh Bank Indonesia dengan desain yang menggambarkan ciri khas wisata pulau Derawan, berbentuk perahu yang bertuliskan Derawan sertai dikelilingi patung Ikan Pari Manta, Penyu, Lumba-lumba dan Hiu yang merupakan spesies yang bisa kamu jumpai saat mengexplore Kepulauan Derawan.

4. Bersepeda Keliling Pulau Derawan

Selain menyelam dan menikmati keindahan bawah laut Pulau Derawan, kamu juga bisa menjelajahi setiap sudut Desa Wisata Derawan ini dengan bersepeda. Sudah banyak penduduk setempat yang membuka jasa sewa/rental sepeda di Pulau Derawan dengan harga berkisar 50.000 hingga 75.000 kamu sudah bisa menggunakan sepuasnya. Tidak membutuhkan waktu yang lama, dengan durasi 30 menit kamu sudah bisa berkeliling menikmati setiap sudut Pulau Derawan.

5. Menyaksikan Penyu Bertelur

Aktifitas malam hari di Pulau Derawan, yakni menyaksikan proses penyu bertelur secara langsung. Sekitar jam 9 atau sepuluh malam cobalah untuk berjalan menyusuri tepian Pantai Derawan ke arah Derawan dive resort atau Icon Landmark Derawan, jika sedang beruntung kamu akan menjumpai penyu yang menepi untuk bertelur, serta menyaksikan proses bertelurnya penyu di Pantai Derawan. Agar tidak mengganggu proses bertelur, wisatawan dihimbau untuk tidak melakukan penerangan cahaya dari depan sang penyu saat akan bertelur.

6. Berburu Sunrise dan Sunset

Pantai dan sunset juga sunrise adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Maka saat berkunnjung ke Derawan jangan pernah lewatkan untuk menikmati keindahan sunset dan sunrise di Pulau Derawan. Setiap water Villa di Derawan menyediakan dermaga-dermaga kecil yang terbuat dari kayu papan menjorok ke laut untuk memudahkan wisatawan menyaksikan sunset juga sunrise di Pulau Derawan, juga bisa menjadi objek background foto yang menarik bagi para pecinta landscape.

7. Berburu Milkyway Bagi Pecinta Fotografi

Bagi anda pecinta fotografi tak ada salahnya untuk mencoba keberuntungan malam dengan berburu foto milkyway di Pulau Derawan. Udara yang bersih dan langit malam yang cerah di Pulau Derawan menjadikan moment yang pas untuk mengisi waktu tengah malam dengan berburu foto galaxy bima sakti atau milky way di Pulau Derawan.

8. Singgah di Gusung Sanggalau Derawan

Gusung Sanggalau atau Gusung Pasir Sanggalau merupakan sebuah gosong atau gundukan pasir putih yang mempunyai bentuk cukup luas dan memanjang di tengah laut yang biasanya hanya muncul saat air laut sedang surut. Gusung Pasir Sanggalau memiliki pasir yang lebih putih, berbeda dengan Taka Makassar di Labuan Bajo.

Gusung Pasir Sanggalau sendiri terletak di sisi utara, tidak jauh dari Pulau Derawan. Bahkan dapat kita lihat dari penginapan water cottage saat air sedang surut, karena itu banyak wisatawan yang singgah sebelum mereka tiba di Pulau Derawan.

9. Mencicipi Kuliner Khas Pulau Derawan

Tak afdhol rasanya jika berwisata ke Desa Wisata Pulau Derawan tanpa mencicipi kuliner khas Pulau Derawan, yakni Tehe-tehe. Tehe-tehe merupakan makanan campuran kelapa, ketan dan gula putih atau semacam ketupat ketan. Uniknya wadah atau cangkang yang digunakan bukanlah daun kelapa seperti ketupat pada umumnya, namun semuanya dimasak dalam hewan laut yakni kulit Bulu Babi yang digunakan sebagai cangkang Tehe-tehe.

10. Belanja Souvenir Khas Pulau Derawan

Akan terasa kurang jika berlibur ke Pulau Derawan tanpa membawa pulang oleh-oleh souvenir khas Derawan. Tidak perlu repot, disepanjang jalan dengan mudah akan kamu jumpai toko toko yang menjual oleh-oleh khas Derawan, bahkan di ujung pulau Derawan juga terdapat pasar yang menjajakan dagangan aneka cinderamata khas Derawan yang bisa kamu pilih, seperti; cincin dan gelang berbahan akar bahar, cincin dan gelang dari sisik penyu yang dilarang peredaranya, asbak berbentuk penyu dan pastinya Kaos yang bertuliskan Derawan sebagai tanda bahwa kamu pernah berwisata ke Pulau Derawan.

COMMENTS

explore pulau derawan
Name

danau kakaban,1,derawan,2,destinasi,5,info,1,Kakaban,1,maratua,2,
ltr
item
Explore Derawan: Berlibur ke Derawan? Ini Dia 10 Aktivitas Wisata Di Pulau Derawan
Berlibur ke Derawan? Ini Dia 10 Aktivitas Wisata Di Pulau Derawan
Pulau Derawan, mungkin beberapa orang masih asing dengan pulau yang satu ini. inilah informasi dan aktivias yang bisa dilakukan di pulau Derawan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgkSTyX6JuM9rKkLVX-AuFajvveBW56_Ah-kyTQDxSI_-sM12zmVj_bA-HIvGGTzloxXRFgf3o8vgi_fjhZVVFBPNEeLSFLR2HkXV1_DNeZItsjR81Vf_U5Tpd1u6fOECaYOXj5Qe8W7UTJ8xCuXluia9VaUTCXYAuKAs2Zo2P9Cc4b7U6ifya-R-xJtCX/s1600/gerbang-tiket-masuk-wisata-pulau-derawan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgkSTyX6JuM9rKkLVX-AuFajvveBW56_Ah-kyTQDxSI_-sM12zmVj_bA-HIvGGTzloxXRFgf3o8vgi_fjhZVVFBPNEeLSFLR2HkXV1_DNeZItsjR81Vf_U5Tpd1u6fOECaYOXj5Qe8W7UTJ8xCuXluia9VaUTCXYAuKAs2Zo2P9Cc4b7U6ifya-R-xJtCX/s72-c/gerbang-tiket-masuk-wisata-pulau-derawan.jpg
Explore Derawan
https://www.explorederawan.com/2024/03/aktivitas-wisata-pulau-derawan.html
https://www.explorederawan.com/
https://www.explorederawan.com/
https://www.explorederawan.com/2024/03/aktivitas-wisata-pulau-derawan.html
true
8394810928495529881
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy